Pentingnya Sisi Kemanusiaan di Era Penuh Konflik Menurut Universitas Moestopo & ICRC

JurnalPatroliNewsJAKARTA – Kemanusiaan adalah hal yang sangat penting di era penuh konflik saat ini dan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memandang pendekatan kemanusiaan yang holistik, mulai dari lapangan hingga ke ranah diplomasi sangatlah penting.

Dalam Seminar Public Lecture bertema ‘A Humanitarian Approach From Field to Diplomacy‘ yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Moestopo untuk meningkatkan Akreditasi Prodi HI menuju Unggul, Regional Humanitarian Affairs Advisor di International Committee of the Red Cross (ICRC), Masayoshi Mita memaparkan bagaimana kegiatan kemanusiaan ICRC diimplementasikan di lapangan dan bagaimana diplomasi memainkan peran kunci dalam mendukung upaya kemanusiaan.

Masayoshi Mita lalu membagikan pengalaman dan wawasan tentang bagaimana pendekatan kemanusiaan diterapkan di lapangan. Ini mencakup tantangan, strategi, dan hasil yang dicapai dalam melindungi dan membantu mereka yang membutuhkan dalam konteks konflik bersenjata.

Pada kegiatan kemanusiaan, lanjut Masayoshi Mita, banyak aktor bisa berperan mulai dari organisasi regional dan internasional, pemerintahan, NGO, pihak swasta, hingga individu-individu yang berkomitmen membantu saat bencana kemanusiaan terjadi saat konflik bersenjata, bencana, pandemi.

Diplomasi memegang peranan penting dalam menjamin keberlanjutan dan keberhasilan upaya kemanusiaan. Kerjasama internasional, negosiasi, dan diplomasi menjadi kunci dalam memastikan bahwa bantuan kemanusiaan mencapai sasaran dengan efektif dan efisien,” lugasnya, Jumat (10/11/2023).

Komentar