UNBAJA Gelar Pengabdian Masyarakat, Gagas UMKM Kebantenan

JurnalPatroliNews – Cilegon – Program Studi Kewirausahaan Universitas Banten Jaya (Unbaja) Kembali menggelar program pengabdian kepada masyarakat dengan tajuk “Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis UMKM Kebantenan bagi Ibu PKK dan Komunitas UMKM”. Kegiatan ini digelar di Kelurahan Bulakan, Kota Cilegon (28/7/2023).

Program pengabdian ini bertujuan menumbuhkan kembangkan kesadaran bagi kewargaan di Kota Cilegon terutama Ibu PKK dan komunitas UMKM agar lebih peduli dengan produk asli Banten atau yang memiliki nilai kearifan lokal. Dengan kata lain UMKM yang memiliki ciri khas asli Banten harus terus dibangkitkan karena bisa berdampak pada penguatan ekonomi daerah.

Sebut saja dda banyak produk makanan Kebantenan yang bisa dikembangkan dan berpotensi memperkuat ekonomi daerah. Tapi ironisnya kurangnya inovasi dan pendampingan membuat produk makanan asli Banten semakin hilang dan tidak dikenal lagi oleh masyarakat Banten. Padahal potensinya bisa dikembangkan mengingat Banten memiliki infrastruktur yang memadai untuk pengembangan ekonomi rakyat.

Oleh sebab itu, program pengabdian ini berupaya membangun keasadaran bagi para ibu PKK dan komunitas di kelurahan Bulakan agar terus berinovasi dalam pengembangan produk asli Banten. Bisa dimulai dengan mencoba mengembangan produk makanan asli Banten agar bisa dikenal luas oleh publik maupun mancanegera. 

Terakhir dalam pengabdian ini para peserta diberikan beberapa tips trik inovasi agar produk asli daerah Banten bisa kian dikenal dengan pemanfaatan strategi pemasaran media sosial (social media marketing), jelas Sev Rahmiyanti, SE., M.Ak

Komentar