Alarm Bagi PDIP! Relawan Jokowi Hingga Gibran Beralih ke Prabowo, Jateng Masih Kandang Banteng…?

JurnalPatroliNews – Solo – Arah dukungan relawan Presiden Joko Widodo dan relawan putra sulungnya yang menjabat Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, disinyalir mulai beralih ke Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Bukan kepada Ganjar Pranowo sebagai bacapres yang diusung PDI Perjuangan.

Pengamat politik dari Citra Institute, Efriza menilai, indikasi peralihan dukungan relawan Jokowi dan anaknya terlihat dari pertemuan Gibran dengan Prabowo di Solo, Jawa Tengah, Minggu malam (21/5).

Pasalnya, saat pertemuan kedua tokoh itu, terdapat barisan relawan Jokowi yang mendukung Gibran di pemilihan Walikota Solo.

“Relawan merasa Prabowo lebih cocok sebagai penerus kebijakan Jokowi, dibandingkan Ganjar Pranowo,” ujar Efriza kepada rekan media, dikutip Rabu (24/5).

Menurutnya, kejadian tersebut secara tidak langsung menimbulkan pertanyaan publik. Terutama mengenai posisi Jawa Tengah (Jateng) yang selama ini dinilai sebagai kandang partai berlambang banteng moncong putih.

Sebab, dijelaskan Efriza, PDIP yang selalu meraup banyak suara di Jateng setiap pemilihan mulai terancam. Sekaligus disangsikan untuk bisa memenangkan Ganjar Pranowo yang didaulat sebagai calon presiden (capres) 2024.

“Kekecewaan relawan Jokowi di Jawa Timur dan Jawa Tengah harusnya menjadi alarm bagi PDIP, agar mereka tidak bisa merasa jemawa,” tuturnya.

Oleh karena itu, dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo ini menduga, membelotnya arah dukungan relawan Jokowi dikarenakan PDIP mendukung Ganjar sebagai capres.

“Karena itu, kehadiran relawan Jokowi di pertemuan Gibran dengan Prabowo bukti kekecewaan relawan terhadap Ganjar Pranowo, yang tidak mau merangkul perahu besar relawan Jokowi maupun Gibran, sehingga mereka mengalihkan dukungan,” paparnya.

“Ternyata, Ganjar malah penyebab hilangnya simpatik dukungan relawan dan masyarakat banyak karena diusung sebagai sosok capres PDIP,” demikian Efriza.

Komentar