Update! KPK Geledah Ruangan 2 Pejabat Kemensos, Terkait Korupsi Bansos 2020

JurnalPatroliNews – Jakarta – Setelah mengeledah kantor Kementerian Sosial (Kemensos) selama 8 jam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel dua ruangan pejabat anak buah Menteri Tri Rismaharini.

Ruangan yang digeledah adalah ruang Sesditjen dayasos atau Ditjen Dayasos. Namun, ruangan yang digeledah pun disegel KPK. Hal ini diungkapkan oleh Stafsus Menteri Sosial (Mensos) bidang Komunikasi dan Media Massa, Don Rozano Sigit Prakoeswa.

Don mengungkapkan pihak KPK meminta sejumlah dokumen kepada Kemensos terkait penyaluran bansos yang terjadi pada 2020. Selain dokumen, KPK juga membawa perangkat elektronik yang dibawa penyidik KPK.

“Rasanya ada notebook. Ya kita kooperatif aja. Jadi yang dipakai tahun itu (2020), pasti KPK tahu juga mekanisme soal ini notebook tahun berapa,” ujarnya, dikutip Rabu (24/5/2023).

Don menegaskan bahwa Kemensos kooperatif saat ada penggeledahan KPK terkait kasus korupsi bantuan sosial (Bansos). Kemensos menyebut tak membuat skenario apapun.

“Kami tidak menutup nutupi apapun dan mengskenario apapun,” tegasnya.

Menurut Don Rozano, Menteri Sosial Tri Rismaharini tak memberikan arahan khusus terkait penggeledahan. Risma hanya berpesan soal integritas dan keamanan.

Dia menambahkan, saat pengeledahan, tim penyidik KPK bertemu dengan Mensos Tri Rismaharini untuk menjelaskan penggeledahan tersebut. Risma pun membantu KPK untuk mendalami kasus tersebut.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menjelaskan bahwa pengeledahan di Kemensos terkait dengan dugaan tipikor penyaluran bansos berupa beras untuk program keluarga harapan tahun 2020 sampai 2021. Oleh karena itu, KPK melakukan penggeledahan di Kemensos kemarin, Selasa (23/5/2023).

“Hari ini ada kegiatan penggeledahan yang dilakukan tim penyidik KPK di Kemensos dalam rangka untuk terus mengumpulkan dan melengkapi alat bukti yang telah kami miliki terkait dugaan tipikor penyaluran bansos berupa beras untuk program keluarga harapan tahun 2020 sampai 2021 di Kemensos,” kata Ali.

Dari penggeladahan, KPK belum memerinci barang bukti yang telah disita penyidik. Namun, KPK tidak menjelaskan ruangan siapa yang digeledah.

Komentar