Apresiasi KPU! Partai Ummat Lolos Verifikasi! Amien Rais, Soal Capres: Terlalu Dini

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais menyampaikan terlalu dini untuk menyampaikan calon presiden (capres) pilihannya.

Dia menyebut akan memusyawarahkan hal tersebut. “Apa? Oh, pencapresan? It’s too early to tell,” tutur Amien kepada wartawan, di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/12/2022). “Kita lihat dulu, kita kan baru saja hari ini sah gitu. Itu akan dimusyawarahkan,” sambungnya.

Amien Rais mengatakan berhasil lolosnya Partai Ummat merupakan cerminan keindahan demokrasi di Indonesia. Hal itu disampaikannya lantaran Partai Ummat sebelumnya sempat dinyatakan gagal dalam proses verifikasi faktual. “Alhamdulillah sekalipun kemarin kita sedikit agak kaget ya, tapi kemudian karena semua orang bisa khilaf ya. Ternyata inilah keindahan demokrasi di Indonesia ini ya,” tutur Amien.

Amien Rais menyebut peristiwa ini menunjukkan bahwa KPU terbuka dalam hal perbaikan. Dia lantas menyampaikan apresiasi pada pihak KPU dan Bawaslu. “Artinya selalu terbuka hal perbaikan, bayangkan kalau misalnya KPU sudah tutup kunci mau apapun, terserah, tapi kan enggak seperti itu. Jadi ini apresiasi saya kepada KPU dan Bawaslu dan pengawas,” kata Amien.

Diketahui, Partai Ummat lolos verifikasi faktual perbaikan sehingga dinyatakan sebagai peserta Pemilu 2024. Partai Ummat mendapat nomor urut 24. “Kesatu, menetapkan nomor urut 24 sebagai nomor urut Partai Ummat dalam Pemilu anggota DPR dan DPRD,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam pengumuman penetapan peserta pemilu 2024 Partai Ummat, Jumat (30/12/2022).

Berikut ini daftar 18 partai nasional yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024, bukan nomor urut.

  1. PDI Perjuangan
  2. PKS
  3. Perindo
  4. NasDem
  5. PBB
  6. PKN
  7. Garuda
  8. Demokrat
  9. Gelora
  10. Hanura
  11. Gerindra
  12. PKB
  13. PSI
  14. PAN
  15. Golkar
  16. PPP
  17. Partai Buruh
  18. Partai Ummat

Komentar