Bocoran Pemimpin Masa Depan! Jokowi Sebut Hanya yang Bernyali Besar Mampu Memimpin

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi membocorkan indikator pemimpin yang cocok dipilih dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang. 

Menurut Jokowi, pemimpin yang patut dipilih adalah sosok yang memiliki nyali besar dan tidak pernah takut menghadapi tantangan dunia yang belakangan semakin berat. 

“Dunia tidak sedang baik-baik saja, adanya perang, adanya perubahan iklim, adanya krisis pangan, dibutuhkan pemimpin yang memiliki keberanian dan nyali,” kata Jokowi saat menghadiri konsolidasi nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Convention Center, Bogor, Sabtu, 7 Oktober 2023. 

Jokowi mengatakan, dengan modal keberanian dan nyali kuat itulah, maka negara Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara maju di dunia. “Tantangan kedepan itu bukan semakin ringan tetapi semakin berat. Tidak boleh negara sebesar Indonesia memiliki pemimpin yang gampang ciut nyalinya digertak negara sebesar apapun,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, mengelola negara Indonesia tidaklah mudah. Karena kondisi geografisnya yang terdiri dari gugusan pulau. “Ini negara gede banget, geografi kita ini memiliki 17 ribu pulau, tidak seperti negara lain yang satu daratan, lebih gampang,” kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, tiap-tiap pulau itu membutuhkan infrastruktur yang memadai untuk melayani masyarakat, “Semua pulau membutuhkan listrik, sekolah, puskesmas, rumah sakit, pelabuhan, bandara, bukan gampang,” kata Jokowi. 

“Belum logistiknya, bensinnya, minyaknya, berasnya, garamnya, bawangnya harus sampai sana. Bayangkan betapa sangat rumitnya mengelola negara ini,” tambahnya.

Komentar