Dinanti Publik! Menteri Terkaya Sandiaga Uno Pamit ke Gerindra, Ini Hartanya

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Sandiaga Uno kemarin mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan partai Gerindra. Sebagai menteri paling kaya di kabinet Jokowi, aksi politik Sandiaga tentunya dinantikan oleh publik termasuk partai yang menjadi pelabuhan terbarunya.

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang telah diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), total kekayaan yang dilaporkannya ialah sebesar Rp10,99 triliun. Laporan LHKPN saat ini dalam proses verifikasi.

Berdasarkan laman e-LHKPN KPK, kekayaan mantan Wakil Gubernur Jakarta itu naik sekitar Rp 300 miliar pada tahun 2022 dibanding hartanya pada 2021. Berdasarkan LHKPN 2021, Sandi memiliki harta Rp 10,61 triliun.

Politisi ini memang juga merupakan seorang pengusaha. Bahkan, sebelum berkecimpung di dunia politik, pria yang akrab disapa ‘Bang Sandi’ tersebut telah lama berkiprah di dunia investasi dan pasar modal melalui PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG).

SRTG merupakan perusahaan holding sekaligus investasi yang resmi melantai di Bursa domestik pada 26 Juli 2013. Perusahaan ini dibangun Sandi bersama anak pendiri Grup Astra International yaitu Edwin Soeryadjaya.

Berdasarkan situs saratoga-investama.com, Sandi saat ini tercatat sebagai pemegang saham terbanyak ketiga dengan besaran 2,9 miliar saham SRTG atau setara dengan 21,51% kepemilikan.

Komentar