Ganjar Jawab Pertanyaan Dosen UI, Dicecar soal Konflik Agraria Hingga Kasus Rempang

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dosen Antropologi Sosial FISIP UI Suraya Afiff melontarkan pertanyaan ke Bacapres PDIP Ganjar Pranowo soal konflik agraria hingga kasus di Pulau Rempang. Suraya menanyakan terkait bisa tidaknya paradigma negara diubah dengan mengakui kepemilikan lahan yang saat ini sudah dimanfaatkan rakyat.

Tanya jawab itu terjadi di Kuliah Kebangsaan FISIP UI, dengan tema ‘Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan’, di FISIP UI, Depok, Senin (18/9/2023). Suraya bertanya kepada Ganjar yang diundang mengisi kuliah kebangsaan.

“Pertanyaannya, dapatkah paradigma negara itu diubah yaitu mengakui kepemilikan lahan yang saat ini sudah dimanfaatkan rakyat, kasus rempang itu gimana? Harusnya kan diakui dulu, mana yang milik rakyat, kalau mau dijadikan kawasan untuk yang mana?” tanya Suraya.

Tak cukup sampai di situ, Suraya terus mencecar Ganjar soal paradigma negara dalam pengadaan lahan. Suraya mengatakan dewasa kini harus ada kepentingan terlebih dulu untuk pengadaan lahan.

“Dapatkah paradigma negara dalam pengadaan lahan? Karena kadang-kadang memang harus ada kepentingan untuk pengadaan lahan kepentingan umum, terpaksa yang mengambil tanah rakyat tidak melanjutkan praktik orde baru. Di mana praktik orde baru pengambilan untuk kepentingan swasta untuk dikuasai swasta untuk kepentingan profit swasta,” kata Suraya.

Komentar