Pesan Jokowi untuk HUT Demokrat Bersayap?

JurnalPatroliNews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat HUT Demokrat ke-20 sembari berpesan mengajak membangun demokrasi sehat. Pesan Jokowi dianggap bersayap ganda.

Adalah Direktur Eksekutif Parameter Politik yang menilai pesan Jokowi di HUT Demokrat bersayap. Adi Prayitno mengulas posisi Demokrat sebagai oposisi dan cara kerja mereka dalam berpolitik.

“Pernyataan presiden sepertinya bersayap ganda. Satu sisi berharap Demokrat menjadi partai yang terus menyehatkan demokrasi namun pada saat bersamaan jangan jadikan rakyat sebagai tameng untuk membangun diskursus demokrasi tak sehat yang penuh ujaran kebencian, fitnah, hoaks, dll,” kata Adi Prayitno kepada wartawan, Jumat (10/9/2021).

Adi Prayitno berbicara soal sikap kritis Demokrat yang dibarengi narasi provokatif. Menurutnya, publik kemudian mengaitkan pidato Jokowi ini dengan sikap Demokrat seperti yang dijelaskannya tadi.

“Masih lekat dalam ingatan, Demokrat yang kerap kritis ke pemerintah seringkali mendapat serangan balik yang telak karena narasi politik yang dibangun dinilai provokatif, tendensius, dan memantik kegaduhan. Dalam konteks itulah publik mengaitkan pernyataan presiden dengan sikap Demokrat yang oposan,” ujarnya.

“Bagi kalangan yang pro pemerintah, Sikap kritis Demokrat sering dituding tak beralasan, minim fakta, dan menggiring opini untuk memusuhi pemerintah,” ujarnya.

Adi Prayitno menilai sikap kritis tetap dibutuhkan di tengah demokrasi namun tetap dalam koridornya. Menurutnya, begitulah pesan yang ingin disampaikan Jokowi ke Demokrat.

“Kritis boleh tapi jangan ugal-ugalan. Kira-kira begitu pesannya secara tak langsung,” kata dia.

Pesan Jokowi
Jokowi mengatakan Partai Demokrat telah ikut bekerja sama membantu meringankan beban rakyat di masa pandemi ini. Dia berharap momen ini bisa terus terjaga dan menjadi dasar untuk melakukan lompatan jauh ke depan.

“Tat kala rakyat Indonesia menghadapi masa sulit diterpa pandemi COVID-19 kita semua termasuk Partai Demokrat bersama-sama, bahu membahu meringankan beban rakyat, menjaga momentum pembangunan dan bahkan memanfaatkan sebagai momentum untuk melakukan lompatan kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Jokowi juga mengajak seluruh kader Demokrat untuk terus menyerap aspirasi rakyat guna membangun demokrasi sehat di Indonesia.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak keluarga besar Partai Demokrat untuk bersama-sama memperjuangkan aspirasi rakyat, membangun demokrasi Indonesia sehat dan berkualitas dan mengerahkan kekuatan bangsa untuk Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ujarnya.

(dtk)

Komentar