Libur Nataru, Kemenhub: Mobilisasi Masyarakat Bisa Capai 107,63 Juta Orang!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan, jumlah mobilitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini, akan melonjak drastis.

Dari data hasil survei Kemenhub, dipresdiksi akan ada 107,63 juta orang atau sebanyak 39,83 persen dari total populasi yang akan melakukan perjalanan saat Nataru tiba.

Adita Irawati, Staf Khusus (Stafsus) Kemenhub, menyebut, jumlah ini bisa naik hingga 143 persen, jika dibandingkan pada Nataru tahun lalu.

“Tetapi tentu belum menyamai angka sebelum Covid-19 ya. Jadi ini mendekati normal,” ujar Adita saat konferensi pers, di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Senin (11/12/23).

Adita memaparkan, kendaraan pribadi menjadi moda transportasi yang akan digunakan selama Nataru tahun ini, yakni sebanyak 35,5 persen atau 39,97 juta. Disusul oleh kendaraan roda dua, sebanyak 20,14 juta atau sekitar 17,92 persen. 

Lalu sisanya, pengguna transportasi umum berupa kereta, pesawat, bis, kapal penyeberangan, dan angkutan lainnya, termasuk kereta cepat.

Komentar