FedEx Express Mengeluarkan Laporan Tentang Megatren Digital Ungkapkan Masa Depan e-Commerce

3. “Membeli” Kenyamanan: Sharing economy dan buying time (waktu membeli) adalah dua megatren lain yang menjadi perhatian, seiring meningkatnya urbanisasi, infrastruktur digital yang maju, dan perubahan sikap konsumen terhadap ‘kepemilikan’ terus mendorong pertumbuhan sharing economy, sesuatu yang akan menjadi segmen global senilai $335 miliar pada tahun 2025. Amerika Utara dan Eropa saat ini memimpin. Namun, di Tiongkok, diperkirakan lebih dari setengah penduduknya ikut serta di dalamnya.

Kenyamanan adalah faktor utama yang mendorong para pelaku bisnis untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Mulai dari berbagi mobil dan menyewa apartemen bersama hingga membeli secara berkelompok, permintaan konsumen akan layanan bersama mendorong inovasi yang inovatif. Di antaranya, e-commerce telah menjadi penghemat waktu yang penting bagi konsumen, memberikan kepuasan hanya dengan satu klik.

Pada saat yang sama, dengan meningkatnya pendapatan konsumen yang dapat dibelanjakan, permintaan untuk layanan hidup sesuai permintaan akan meningkat. Secara global, 48% konsumen bersedia mengeluarkan uang untuk menghemat waktu. Bisnis di Amerika Utara dan Eropa berada di garis depan dalam mendefinisikan masa depan ekonomi untuk layanan berdasarkan permintaan ini, karena banyak yang melihat potensi besar untuk menumbuhkan pendapatan melalui pengiriman secara langsung di depan pintu.

Solusi e-commerce lintas batas seperti FedEx® International Connect Plus (FICP), yang memberikan nilai uang dan kecepatan yang kompetitif, dan solusi keberagaman pengiriman seperti FedEx® Delivery Manager International memungkinkan e-tailer menawarkan layanan yang dipersonalisasi kepada pelanggan, dan kebebasan untuk mengelola dan mengontrol preferensi pengiriman.

“Kita hidup di masa yang sangat menarik di mana teknologi terbaru membentuk perilaku manusia, mengantarkan gelombang revolusi e-commerce berikutnya. Melalui konektivitas yang telah ditingkatkan, layanan yang sesuai permintaan, dan sharing economy, era baru e-commerce telah hadir – membuka peluang baru bahkan bagi bisnis terkecil untuk bersaing di panggung global,” kata Salil Chari, wakil presiden senior Pemasaran & Pengalaman Pelanggan, Asia Pasifik, Timur Tengah & Afrika (AMEA) di FedEx Express. “Namun, untuk menang, bisnis harus terus memikirkan kembali dan menemukan kembali bagaimana dan di mana mereka terlibat dengan konsumen. Laporan ini penting karena menandakan di mana peluang-peluang ini berada.”

Masa depan e-commerce ada di sini. Bagi para pemain logistik, megatren ini memberikan peta jalan yang jelas tentang arah industri – dan memiliki konsep digital-first berbasis inovasi pada ekosistem e-commerce- yang mampu mengurangi tantangan pengiriman dan mengoptimalkan efisiensi operasional, adalah suatu keharusan. FedEx telah membuat beberapa langkah, membentuk kolaborasi strategis dengan pemain e-commerce dan perusahaan teknologi terkemuka untuk memodernisasi rantai pasokannya. Tetapi dengan teknologi baru seperti big data robotika, dan AI, FedEx akan menawarkan lebih banyak terobosan di masa yang akan datang.

Komentar