HUT Proklamasi RI ke-78: Distan Buleleng Gelar Pasar Tani dan Vaksinasi Massal

JurnalPatroliNews.co.id – Singaraja,- Menyambut HUT RI ke -78 dan Hari Raya Kuningan, Pemerintah Kabupaten Buleleng melaui Dinas Pertanian (Distan) menggelar Pasar Tani dan Vaksinasi Massal bertempat di Halaman Kantor Dinas Pertanian Buleleng, Kamis (10/8/2023).

Kegiatan yang menyuguhkan hasil dan olahan pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kecamatan di Kabupaten Buleleng itu menyuguhkan pangan dan buah lokal dengan harga yang relatif terjangkau. Terpantau antusias masyarakat untuk berbelanja dan juga memvaksinkan hewan peliharaannya disini.

Pasar Tani dan Vaksinasi Rabies ini menjadi perhatian dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa yang berkesempatan hadir sekaligus meninjau kegiatan tersebut didampingi oleh Kepala Distan Buleleng Made Sumiarta.

Sekda Suyasa mengatakan kegiatan ini mengartikan dua makna sekaligus, dimana selain menyambut HUT RI juga menyambut Hari Raya Kuningan 2 hari ke depan. Berbagai buah lokal dan kebutuhan sehari-hari termasuk sarana upacara disiapkan disini untuk memberi ruang bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Jadi, kegiatan ini sangat bagus sekali ya. Merayakan HUT RI sekaligus mempersiapkan Hari Raya Kuningan,” tegasnya.

Untuk vaksinasi massal sendiri, Sekda Suyasa mengakui bahwa ini adalah salah satu komitmen pemerintah untuk menargetkan 70% anjing sudah divaksinasi. Selain itu langkah-langkah masif juga sudah dilakukan sehingga menumbuhkan hasil kasus rabies bisa turun dibandingkan tahun 2022.

Sementara itu, Mewakili Kepala Dinas, Plt. Sekretaris Distan Buleleng Ni Luh Prima Diantariwati mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya dari Distan Buleleng dalam mengajak masyarakat untuk mulai beralih menggunakan buah lokal. Selain itu juga mengajarkan para petani untuk hilirisasi langsung.

“Selama ini petani kan hanya budidaya saja, jadi kita ajarkan bagaimana proses dari hulu ke hilir melalui kegiatan ini,” sambungnya.

Komentar