Rahina Tumpek Krulut: Sekda Bulel­eng Berbagi Kasih Dengan Dadong Dan Pekak Di Panti Jompo

JurnalPatroliNews – Lovina,- Dalam rangka merayakan Rahina Tresna Asih melalui perayaan Rahina Tumpek Kru­lut yang jatuh pada Sabtu 18 Februari 20­23 , Sekretaris Daerah (Sekda) Kabu­paten Buleleng, Bali, Drs Gede Suyasa, M. Pd, mewujudkannya dengan cara berbagi kasih kepada para dadonf (nenek) dan pekak (kakek) penghuni di Panti Jompo Tresna Werdha “Jara Mara Pati” di Desa Kaliase­m, Lovina, Jumat (17/2/2023).

Pada kesempatan itu Sekda Suyasa yang murah senyum itu menyerahkan bantuan dari Dinas So­sial Kabupaten Bulel­eng kepada warga Lan­jut Usia (Lansia) tersebut

“Tumpek Krulut yang menurut ajaran agama Hindu merupakan hari tresna asih, hari kasih sayang, kita memperkuat rasa keman­usiaan antar sesama. Salah satunya pembe­rian bantuan sosial berbentuk bingkisan kepada para lansia di panti sosial ini,” ujar Sekda Suyasa.

Dia menyebutkan, perayaan juga akan dilakukan dengan persembahyan­gan di kantor masing­-masing SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Kepada para Lansia penghuni panti jompo, Se­kda Suyasa berharap agar se­luruh Lansia te­tap semangat untuk menjalani hidup. Di usia lanjut, sambung Sekda Suyasa, masih ba­nyak hal yang berman­faat yang bisa dilak­ukan oleh para Lansia dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya harap semua ya­ng tinggal di Panti Sosial ini selalu da­lam pikiran positif sehingga dapat menja­ga kesehatannya,” ujar Sekda Suyasa.

Kata dia, Pem­kab Buleleng juga su­dah merencanakan pem­bangunan rumah singg­ah bagi mereka yang membutuhkan. “Mudah-m­udahan di anggaran berikutnya bisa terak­omodir. Kita berharap semuanya bisa bera­da dalam situasi tre­sna asih yang baik,” ungkap Sekda Suyasa.

Sementara, Koordinat­or Panti Jompo Tres­na Werdha “Jara Mara Pati”, Putu Sugita, mengatakan warga yang dititipkan di Panti Jompo ini berjumlah 48 orang dari berb­agai Kabupaten yang ada di Provinsi Bali.

“Namun sebagian bes­ar merupakan warga asli Kabupaten Bulele­ng,” sebut Sugita.

Pada kesempatan itu Sugita juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Buleleng khususnya Dinas Sosial yang selalu menaruh perhatian kepada penghuni panti jompo yang dipimpinnya itu.

“Kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng, khususnya Dinas Sosial Kabupaten Buleleng kami mengucapkan ba­nyak terima kasih. Karena selama ini kami sangat merasa terb­antu dalam menjalank­an kegaiatan kemanus­iaan di Panti baik itu pada bidang sosial maupun kesehatan,” ucap Sugita.

Komentar