PHK Ribuan Karyawannya, Panarub: Dampak Dari Ekonomi Global Yang Belum Pulih, Permintaan Barang Berkurang!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Di tengah kondisi perekonomian yang belum pulih, aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) kembali terjadi di Indonesia. Kabar adanya PHK massal, datang dari PT Panarub Industry, produsen sepatu Adidas, di Tangerang, Banten.

Budiarto Tjandra, Direktur Utama PT Panarub Industry, mengatakan, pihaknya telah melakukan PHK kepada 1.400 karyawannya.

Ia mengungkapkan, kondisi yang terjadi saat ini, disebabkan oleh situasi global yang masih kurang baik, sehingga menyebabkan, permintaan terhadap alas kaki buatan Indonesia, menjadi berkurang.

“Jadi kalau untuk situasi global saat ini masih kurang baik, kurang bagus untuk industri alas kaki. Karena kan industri alas kaki kita itu mayoritas ekspor ke Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Jadi kita tahu kondisi ekonomi di AS dan Eropa juga belum pulih. Jadi terdampak dari sana,” kata Budiarto, kepada CNBC Indonesia.

Ia menjelaskan, mayoritas Industri alas kaki di Indonesia, bersifat menerima pesanan dari pembeli. Sementara, inventaris di Negara tujuan ekspor masih memiliki persediaan atau stok yang banyak, sehingga permintaan menjadi berkurang.

“Kebanyakan industri alas kaki di Indonesia ini kan sifatnya menerima pesanan dari buyer. Nah, buyer itu kan masih banyak inventory di Negara tujuan ekspor kita, sehingga mereka mengurangi ordernya. Karena masih banyak inventory di sana, jadi ordernya gak terlalu banyak. Akibatnya, demand atau permintaan kepada pabrik-pabrik yang di Indonesia ini berkurang,” jelasnya.

Komentar