Presiden Jokowi Setuju 3% Dana Desa Digunakan untuk Biaya Operasional

Apalagi menurut Presiden Jokowi, para kepala desa sudah mendapat dana operasional dari kabupaten.

“Bapak ibu semua kan juga sudah dapat dari pemerintah kabupaten, iya kan? Ada khusus dana operasional dana desa. Tapi saya menyadari betul kerja keras bapak ibu sekalian karena hasilnya tadi sudah disampaikan Pak Tito, jadi jalan desa, embung, jembatan semua jelas konkrit, fisik ada,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi desa yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi baik di desa maupun pertumbuhan ekonomi nasional.

“Jalan desa 227.000 kilometer jalan desa ada yang tidak percaya. ‘Pak 227.000 kilometer itu panjang sekali loh?’ Ya saya jawab ‘Ya panjang tapi masih sedikit’ karena kalau dibagi dengan jumlah desa di negara kita 74.900 artinya itu baru 3 km per desa kira-kira. Iya ndak? Kan biasa dalam 1 desa ada penambahan jalan 3 kilo itu pun sebuah penambahan yang besar menurut saya, itu pun masih ada yang sanksi,” jelas Presiden.

Sehingga menurut Presiden, masih ada banyak jalan desa yang perlu dibangun dan diperbaiki, terutama jalan-jalan menuju ke persawahan dan perkebunan.

“Embung, irigasi, jembatan, pasar desa, bumdes, tambatan perahu, banyak sekali sudah saya cek satu per satu. Kemudian yang berkaitan dengan kualitas hidup, pembangunan air bersih, posyandu, polindes, sumur, PAUD, MCK, ini juga dari dana desa dan itu akan memperbaiki kualitas hidup, kualitas SDM di masyarakat pedesaan, jangan ada yang menyanksikan betapa sangat bermanfaatnya dana desa yang kita kucurkan ke desa-desa,” tegas Presiden.

Presiden Jokowi berpesan, saat kepala desa melakukan pembangunan fisik ataupun nonfisik di desa agar menggunakan bahan-bahan material dari desa.

“Paling jauh itu dari kecamatan. Mau beli semen, beli di desa, mau beli beli batu bata, beli di desa kita sendiri supaya uang berputar terus di desa kita. Paling jauh di kecamatan. Jangan sampai uang kembali ke kota apalagi ke Jakarta, hati-hati, kembali lagi ke sini hati-hati,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi menyebut pemerintah sudah mengucurkan total Rp468 triliun dana desa sejak 2015.

“Sekali lagi saya ulang sampai tahun ini dana yang disalurkan untuk desa itu Rp468 triliun. Jangan dipikir ini uang kecil loh, ini uang gede sekali, besar sekali, dalam sejarah negara ini berdiri, desa diberi anggaran sampai 468 triliun itu belum pernah. Oleh sebab itu hati-hati dalam mengelola, ‘me-manage’ duit yang sangat besar sekali,” tambah Presiden.

Presiden pun mengatakan sebenarnya bila tidak ada pandemi COVID-19 pada 2020, ia sudah berpikir untuk menambah anggaran desa.

Komentar