Rekayasa Ulang Kurangi Emisi Karbon, Hendra Ungkap: Peran Besar Industri Demi Keberlanjutan Lingkungan

Hendra mengatakan dengan melakukan rekayasa ulang proses produksi, penggunaan teknologi Ozone dan bahan baku ramah lingkungan serta melakukan daur ulang. Perusahaan tekstil asal Bandung ini juga mampu mengurangi penggunaan kimia yang dapat merusak lingkungan, juga mengurangi emisi karbon.

Badjatex telah menggunakan serat kapas organik sejak 2006 dan serat kapas daur ulang sejak 2009. Perusahaan bekerjasama dengan mitra yang memasok kapas bersertifikat BCI, kapas daur ulang, serat poliester daur ulang, serat Tencel dan Refibra, hasil inovasi yang menggabungkan kayu dan serat kapas daur ulang.

“Pabrik Badjatex memiliki kemampuan unik untuk memproduksi beberapa lini produk di bawah satu atap sambil menerapkan praktik terbaik di kelasnya dalam setiap proses bisnis; mulai dari pengadaan benang, penenunan, pencelupan, hingga finishing. Hal ini memungkinkan Badjatex untuk memenuhi permintaan dunia yang terus meningkat secara memadai dan memastikan bahwa setiap produk mematuhi standar kualitas tertinggi,” jelasnya.

Metode untuk mengubah pengolahan sampah juga diterapkan di sekitar pabrik, dan memberdayakan masyarakat sekitar.

“Kami bermitra dengan bank sampah lokal untuk mengedukasi karyawan dan masyarakat setempat tentang cara meminimalisir dan mendaur ulang limbah untuk menghasilkan uang demi keuntungan ekonomi,” tambahnya.

Komentar