12 September! Jokowi Hadiri Kick Off Penanaman 2.561 Pohon Se-Jabodetabek di Pulo Gadung

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri kick off gerakan penanaman pohon secara serentak se-Jabodetabek di Hutan Kota PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Jakarta Timur. Acara bakal diselenggarakan pada 12 September mendatang.

Untuk lebih menggaungkan penanaman dan pemeliharaan pohon akan dilakukan suatu gerakan penanaman pohon bersama-sama. Ini adalah sebuah upaya agar penanaman pohon ini menjadi sebuah gerakan yang terpadu dan masif. Ini nantinya akan dilakukan bersama Presiden Republik Indonesia, bapak Joko Widodo dan akan kick off penanamannya yang lokasinya direncanakan di Hutan Kota PT JIEP Pulogadung,” kata Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2023).

Plt Kepala Dinas Kesehatan DKI itu menjelaskan nantinya penanaman serentak dilakukan di seluruh wilayah Bodetabek serta enam wilayah administrasi kota dan kabupaten Jakarta. Adapun tema yang diusung adalah ‘Hijau Jakarta, Langit Biru Nusantara’.

“Gerakan penanaman serentak 2.561 pohon untuk pemulihan kualitas lingkungan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Pemda dan bersinergi dengan BUMN, BMUD, dan swasta,” ucapnya.

Selain pihak swasta, pemerintah turut melibatkan elemen masyarakat lainnya, seperti anggota Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru.

“Gerakan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12 September dan diharapkan gerakan ini akan dapat membangun kesadaran kolektif untuk semakin mencintai lingkungan,” ujarnya.

Sejak Oktober 2022 hingga Agustus 2023, Pemprov DKI Jakarta telah menanam 224.700 pohon hingga 5,6 juta tanaman. Seluruh upaya ini dilakukan untuk menggencarkan penghijauan di wilayah DKI Jakarta.

“Sejak Oktober 2022 hingga Agustus 2023 telah ditanam sebanyak 224.700 pohon sementara untuk tanaman ada sekitar 5,6 juta tanaman yang telah di tanam hingga saat ini,” imbuhnya.

Komentar