40 T Sangat Kontras! Demokrat Kritik IKN Jokowi: Jangan Kayak Tol Trans Sumatera

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Fraksi Demokrat di DPR mengkritik anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara dalam Rancangan APBN 2024. Kritikan tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-2 tentang pemandangan umum fraksi-fraksi atas RAPBN 2024 serta nota keuangan di Kompleks DPR Senayan, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Menurut Fraksi Partai Demokrat, anggaran yang disiapkan yakni Rp 40 triliun sangat besar. “Anggaran untuk IKN Rp 40 triliun itu sangat besar,” kata perwakilan Fraksi Partai Demokrat Suhardi Duka yang membacakan pandangan umum fraksinya.

Dia mengatakan anggaran untuk IKN itu sangat kontras dengan anggaran yang disediakan pemerintah untuk pembangunan dan pemerataan daerah lainnya. Dia berharap pembangunan ini tidak dilakukan hanya untuk mengejar hal yang seremonial belaka, seperti upacara HUT Kemerdekaan 2024.

“Jangan sampai pembangunan hanya mengejar hal yang bersifat seremonial saja, seperti upacara bendera di IKN tahun depan,” kata Suhardi.

Dia mengatakan pembangunan harus mengedepankan aspek kualitas. Perencanaan dan prosedur pembangunan, kata dia, harus diutamakan. Dia mengatakan jangan sampai pembangunan ini berakhir dengan kualitas buruk hanya karena mengejar target penyelesaian.

“Kita lihat contoh lainnya yaitu Jalan Tol Trans Sumatera yang kualitasnya jauh dari harapan,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan pembangunan Istana di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur ditargetkan rampung pada tahun 2024 mendatang. Artinya perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78 pada hari ini Kamis, (17/8/2023) bisa jadi yang terakhir dilakukan di Jakarta.

Target tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dalam pidatonya. “Insya Allah tahun depan sudah di IKN, kita lihat nanti,” kata Jokowi kepada wartawan saat ditanya apakah ini menjadi upacara terakhir di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur masih sesuai rencana. Progres konstruksi saat ini mencapai 36%. Khusus untuk Istana Kepresidenan dan kantor presiden ditargetkan rampung pada pertengahan tahun depan

Komentar