Bahas Peningkatan Kerja Sama Ekonomi, Jokowi Terima Kunjungan Raja Eswatini

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Raja Eswatini, Raja Mswati III, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, untuk membahas berbagai upaya meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara di bidang kesehatan, pariwisata, infrastruktur, dan energi.

“Kunjungan ini sebenarnya gabungan antara kunjungan dalam rangka wisata, holiday, tetapi juga digunakan oleh Raja Eswatini untuk melakukan pertemuan dengan Bapak Presiden dan membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara, khususnya di bidang ekonomi,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi selama pertemuan, berdasarkan keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Menlu Retno menjelaskan bahwa satu hal yang mengalami kemajuan sejak pertemuan terakhir kedua pemimpin pada 2019 adalah adanya perusahaan Indonesia yang bergerak di subsektor kesehatan yakni wellness spa di Eswatini.

Menurut Retno, hal tersebut merupakan pembuka awal dari berbagai kerja sama lainnya.

“Di dalam pertemuan tadi Raja Eswatini mengatakan, dari perusahaan wellness spa yang berada di Eswatini ini rencananya akan mengimpor kosmetik-kosmetik produk Indonesia,” katanya pula.

Selain itu, Jokowi juga berbicara mengenai bagaimana swasta dan BUMN kedua negara dapat menjalin kemitraan lebih dekat lagi.

Menurut rencana, ujar Retno, kedua negara akan menandatangani kerja sama penguatan hubungan bilateral terutama di bidang ekonomi.

Komentar