Jokowi Dorong Keamanan Nasional: Markas Polres IKN Resmi Dibangun Senilai Rp160 Miliar!

JurnalPatroliNews – IKN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meletakkan batu pertama pembangunan kantor kepolisian resor dan markas komando distrik militer di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada Kamis (21/12/23).

Dalam pidato peresmian, Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan gedung polres untuk wilayah IKN akan berdiri megah di atas lahan seluas 6.189 meter persegi.

“Ini bukan luas lahan, luas lahannya seingat saya 12 hektare, ini adalah luas bangunan, dan pembangunan gedung polres ini akan dibangun sekitar sembilan bulan dengan anggaran sebesar Rp 160 miliar,” katanya.

Presiden juga menekankan pentingnya pendekatan ramah lingkungan dalam desain bangunan polres tersebut. Ia memberikan pesan khusus untuk memasukkan elemen-elemen yang mendukung konsep keberlanjutan lingkungan.

Selain itu, Jokowi memberikan arahan agar pembangunan ini diawasi sejak awal, termasuk pemasangan kamera pengawas di seluruh sudut, pusat komando, dan fasilitas analisis untuk kecerdasan buatan (AI).

Polres IKN diharapkan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam menciptakan lingkungan yang aman.

“Sekalian, ini akan kita jadikan contoh bahwa Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan, yang berkaitan dengan kriminalitas utamanya dalam rangka menjaga dan melindungi warga di ibu kota Nusantara,” ujar Jokowi.

“Sehingga nanti bisa dijadikan contoh untuk kota-kota yang lainnya, termasuk tentu saja organisasinya harus betul-betul disiapkan secara khusus,” lanjutnya.

Setelah meresmikan pembangunan Polres IKN, Jokowi juga memberikan izin resmi untuk pembangunan markas Kodim Tipe A di IKN. Markas ini akan terdiri dari berbagai fasilitas pendukung keamanan, termasuk kantor Kodim, hunian personel, pos dan rumah jaga, gudang amunisi, serta berbagai prasarana lainnya.

“Dan di area ini akan dibangun kantor kodimnya, hunian personel, pos dan rumah jaga, gudang amunisi, ada aulanya dan juga prasarana pendukung lainnya,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menekankan bahwa IKN, sebagai pusat pemerintahan, adalah objek vital yang strategis, sehingga keamanannya harus dijamin. Keberadaan Kodim tipe A di IKN diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam memastikan keamanan dan kedaulatan negara.

“Saya berharap keberadaan Kodim IKN ini akan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah dan menjaga IKN serta menegakkan kedaulatan negara,” tutupnya.

Komentar