Jokowi Luncurkan Jalan Rigid Untuk Keamanan Evakuasi Gunung Merapi

JurnalPatroliNews – Magelang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) terkait pembangunan Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Akses Evakuasi Merapi, dan Petung-Pakis, Magelang, pada hari Senin (22/1/24).

Pada tahun 2023, alokasi anggaran untuk Inpres Jalan Daerah mencapai Rp 14,6 triliun, dengan Rp 1,36 triliun dialokasikan ke provinsi Jawa Tengah untuk perbaikan dan pembangunan 40 ruas jalan di wilayah tersebut.

“Dan di kabupaten Magelang, dibangun 4 ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer dengan biaya Rp 31,9 miliar. Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi. Sehingga perlu, saya lihat, saya tinjau, sudah selesai,” kata Jokowi. 

Jokowi menekankan penggunaan beton rigid sebagai material konstruksi untuk memastikan keawetan infrastruktur, mengingat lalu lintas truk besar, terutama truk pasir, yang akan melintas di jalan tersebut.

“Kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini tidak dengan aspal tapi rigid beton, ini akan memberikan keawetan karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir, (truk) besar, sehingga dibangun dengan rigid beton, kita harapkan ini lebih awet,” tambahnya. 

Presiden Jokowi menyatakan peresmian tersebut dengan penuh keyakinan, “Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim pada siang hari ini, pelaksanaan Inpres jalan daerah ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, akses evakuasi Merapi, dan Petung Pakis di Kabupaten Magelang saya nyatakan diresmikan.”

Pada acara peresmian, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Menurut informasi dari Bina Marga, Jalan Muntilan-Keningar di Kabupaten Magelang merupakan bagian dari paket pekerjaan rekonstruksi, termasuk paket rekonstruksi Jalan Inpres Desa Sukomakmur di wilayah yang sama.

Komentar