Jokowi Pilih Rayakan Lebaran di Jakarta & Salat Ied di Istiqlal

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, telah memutuskan untuk merayakan Idulfitri di Jakarta.

Seperti diketahui, ini merupakan perayaan Lebaran terakhirnya sebagai RI 1. “(Lebaran) di Jakarta,” ungkap Jokowi, Senin (8/4/24).

Sementara itu, mengenai tempat salat Ied, kemungkinan besar akan dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta. “Kurang lebih (salat di Istiqlal), Insya Allah. Enggak ada rencana (silaturahmi), mengalir biasa saja,” jelasnya.

Pada tahun sebelumnya, Jokowi merayakan Lebaran di kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah.

Kementerian Agama dijadwalkan akan menggelar Sidang Isbat pada hari Selasa untuk menetapkan 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Meskipun awal puasa diputuskan berbeda antara pemerintah dan Muhammadiyah, potensi perayaan Lebaran secara serentak masih sangat mungkin terjadi.

Kriteria MABIMS, yang terdiri dari tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi Bulan-Matahari minimal 6,4 derajat, telah terpenuhi, memungkinkan perayaan Lebaran pada tanggal 10 April 2024.

Namun, ada perbedaan pendekatan antara pemerintah dan Muhammadiyah dalam menentukan hari raya. Muhammadiyah menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal. Berdasarkan maklumat dari PP Muhammadiyah, tinggi Bulan pada saat Matahari terbenam tanggal 9 April 2024 di Yogyakarta sudah memenuhi kriteria wujud hilal.

Komentar