Jokowi Resmikan Pembangunan RSUP IKN, Tanda Era Baru Pelayanan Kesehatan!

JurnalPatroliNews – IKN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan pembangunan rumah sakit pemerintah di Ibu Kota Nusantara, dengan meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ibu Kota Nusantara melalui seremoni pemasangan batu pertama.

Seremoni ini ditandai dengan penekanan tombol sirine untuk memulai konstruksi, yang dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Kepala OIKN Bambang Susantono, dan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Dalam sambutannya di lokasi pembangunan RSUP IKN pada Rabu (20/12/2023), Jokowi menyatakan, “Dengan mengucap bismillah hirahmanirrahim peletakan batu pertama Rumah Sakit Umum Pusat di IKN secara resmi saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi di kawasan pembangunan RSUP IKN, Rabu (20/12/23).

RSUP IKN menjadi rumah sakit keempat yang dibangun di wilayah tersebut, sebelumnya ada RS Hermina, RS Abdi Waluyo, dan RS Mayapada yang dibangun oleh pihak swasta, sementara RSUP merupakan proyek pemerintah.

Setelah pembangunan keempat rumah sakit ini, Jokowi mengklaim bahwa tiga rumah sakit swasta lainnya juga berada dalam antrian untuk dibangun di IKN. Beliau mengungkapkan kebingungannya mengenai minat banyak pihak untuk mendirikan rumah sakit di IKN,

“Setelah ini sudah ngantre lagi tiga RS swasta. Saya enggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang dirikan RS,” ucap Jokowi.

Presiden menegaskan bahwa semua rumah sakit yang dibangun di IKN akan difokuskan pada penanganan penyakit jantung dan stroke. Harapannya adalah dengan adanya banyak RS di IKN, tidak ada lagi masyarakat yang harus pergi ke luar negeri untuk pengobatan.

“Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semua tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke Amerika Serikat, untuk kesehatannya,” ucap Kepala Negara.

Komentar