Jokowi Tentukan Jadwal Mulai Berkantor di IKN, Kapan?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merencanakan untuk memindahkan kantornya ke Ibu Kota Negara (IKN) segera setelah infrastruktur transportasi di sana selesai dibangun. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, juga akan mengikuti dengan mulai berkantor di IKN pada pertengahan tahun 2024.

“Pak Basuki Juni, Juli,” ucap Jokowi saat memberikan keterangan pers di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/24).

Juni-Juli saya nunggu airport-nya jadi, jalan tolnya jadi. Kalau jalan tolnya jadi, airport-nya jadi,” papar Jokowi saat ditanya dirinya kapan berkantor di IKN.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan persiapan untuk memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara. Pemindahan ASN tersebut direncanakan akan dilakukan secara bertahap.

“ASN ini akan dipindah secara bertahap,” kata Jokowi.

Meskipun belum ada kepastian kapan pemindahan ASN akan dilakukan, Jokowi menyatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan fasilitas untuk masyarakat yang akan tinggal di IKN.

“Misalnya, perumahan yang paling penting, kemudian sekolah untuk anak-anak beliau-beliau yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit misalnya. Sehingga semua ini harus mengelola, manajemen seperti ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan,” imbuhnya.

Presiden juga menyatakan optimisme bahwa dalam dekade mendatang, IKN akan menjadi sebuah kota yang ramai dan dihuni.

“Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini akan menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh masyarakat kita,” tutup Jokowi.

Komentar