Lapor..! Sejak Dibentuk Oktober 2016, Satgas Saber Pungli Lakukan 59.923 OTT Dan 78.523 Orang Jadi Tersangka

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), yang pertama kali dibentuk pada 28 Oktober 2016, akhirnya menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022 di Hotel Mercure, Jakarta Pusat.

Rakernas itu turut dihadiri Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). “Kami laporkan kepada Bapak Menko, bahwa kegiatan Rakernas ini diikuti seluruh kepala UPP Kabupaten, Provinsi dan Kota melalui virtual, yang hadir secara fisik adalah para pengurus Satgas Saber Pungli di tingkat pusat, para kelompok ahli sekaligus narasumber, seluruh kepala UPP Provinsi, serta para pengawas Internal,” ujar Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kasatgas Saber Pungli, dalam sambutannya, di Hotel Mercure, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/22).

Agung memaparkan latar belakang Rakernas Satgas Saber Pungli digelar. Ia menyebut, hal itu sebagai bentuk Evaluasi dan meningkatkan kinerja para anggota Satgas Saber Pungli. “Adapun latar belakang pelaksanaan rapat kerja nasional ini adalah mengevaluasi kinerja Satgas Saber Pungli tahun 2022, serta meningkatkan kinerja Satgas Saber Pungli sehingga mendorong Optimalisasi pemberantasan pungli, demi terciptanya pelayanan publik yang bersih dari pungutan liar,” paparnya.

Ia mengungkapkan, ada 14 Provinsi yang ditetapkan sebagai kota bebas pungli. Lalu, Satgas Saber Pungli juga menerima sebanyak 38.079 aduan masyarakat hingga 30 November 2022 lalu. “Kami laporkan, hingga saat ini, UPP Provinsi telah menetapkan sebagai kota bebas pungli sebanyak 14 Provinsi, dengan total keseluruhan sebanyak 23 Kabupaten atau Kota. Kemudian sejak dibentuk Satgas Saber pungli pada tahun pada tanggal 28 Oktober 2016, hingga 30 November 2022 telah menerima sebanyak 38.079 laporan atau aduan masyarakat,” ungkapnya.

Komentar