Naik 10 Peringkat, Saat Negara Lain Rebutan, Jokowi Bilang RI Beruntung Soal Ini

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan kompetisi antar negara dalam memperebutkan investor dan pasar ekspor sangat ketat.

Dia menilai Indonesia termasuk beruntung dalam hal ini karena posisi IMD Global Competitiveness Index 2023 yang mengkalkulasi daya saing Indonesia sukses naik dari peringkat 44 ke peringkat 34.

“Naik 10 peringkat ini masuk dalam kategori tertinggi di dunia karena lompatnya 10 peringkat,” ujar Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HIPMI XVIII 2023 ICE BSD, Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Menurut Jokowi, indeks daya saing Indonesia yang paling bagus berada di sektor infrastruktur dan efisiensi bisnis, serta efisiensi pemerintah. Namun, ada satu penilaian yang melebihi semuanya, yakni performa ekonomi.

“Tapi yang paling bagus adalah performa ekonomi naik 13 peringkat dari 42 ke 29. Ini juga perlu kita lanjutkan agar competitiveness index kita agar semakin bagus sehingga ketika bersaing dengan negara lain kita memiliki kemampuan,” ujarnya.

Komentar