Pastikan Ada! Pengacara Minta Polri Buka CCTV Vital Kasus Tewasnya Brigadir J

JurnalPatroliNews – Jakarta – Polri menyebut telah mengantongi bukti CCTV vital kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua Hutabarat. Kuasa hukum Brigadir J berharap polisi memperlihatkan rekaman CCTV tersebut kepada mereka.

“Kalau harapan kami, kami imbau, selaku pelapor, pada saat gelar atau pemeriksaan tambahan, atau agenda lain, bisa perlihatkan CCTV itu. Supaya bisa memastikan bagaimana sakratulmaut Yosua,” kata pengacara pihak Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak, saat dihubungi, Jumat (19/8/2022).

Martin ingin memastikan barang bukti tersebut ada. Jangan sampai, saat ini polisi menyampaikan ada, tapi menghilang atau berubah di persidangan.

“Supaya kami tahu bahwa barang bukti itu ada. Jangan nanti di persidangan, barang bukti itu hilang atau berubah. Kita nggak tahu, (nanti) dilimpahkan ke jaksa, jaksa bilang nggak ada, polisi bilang ada,” katanya.

Sementara itu, soal rekaman CCTV diperlihatkan ke publik sebelum persidangan, Martin tidak mewajibkan. “Mengenai ke publik diperlihatkan atau tidak, itu terserah,” katanya.

Bagi Martin, tindakan membuka CCTV ke publik sebelum persidangan merupakan hak prerogatif penyidik Polri. Meski demikian, menurut Martin, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menko Polhukam Mahfud Md, hingga Kapolri sudah meminta kasus ini diproses secara transparan.

“Itu semua diskresi ada di polisi. Kalau ikut perintah Presiden, Kapolri, Menko Polhukam, buka seterang-terangnya, transparan, dan akuntabel. Sudah ada lampu hijau atau greenlight dari para petinggi. Sekarang tergantung keyakinan dan analisis dari penyidik saja, apakah akan dibuka sebelum sidang lebih untungkan penyidik atau akan timbulkan kegaduhan di publik karena perlihatkan hal sadis,” ucapnya.

Kuasa hukum Brigadir J belum melihat CCTV tersebut, namun dia menduga CCTV itu memperlihatkan kejadian di dalam rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga. Rumah itu yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP) atau tempat eksekusi Brigadir J.

“Bukti CCTV ini merupakan bukti baru dari narasinya Abang Andi (Dirtipidum Bareskrim). Ini menurut saya, CCTV yang ada di rumah Pak Sambo menjelaskan sebelum, saat berlangsung, dan sesudah proses kematian Yosua,” katanya.

CCTV Penting Ditemukan

Polri mengumumkan perkembangan signifikan dalam pengusutan kasus Brigadir J. Polri telah menemukan CCTV yang sangat penting bagi perkembangan penanganan kasus Brigadir J.

Komentar