PPSDM Kementerian ATR/BPN Gelar Workshop Antar Lembaga, Dadang: Untuk Menghindari Terjadinya ‘Bias’ Dalam Menilai Kompetensi Pegawai!

JurnalPatroliNews – Bandung, – Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), menggelar Workshop antar Kementerian/Lembaga (K/L), dengan tema ‘Pendalaman Kamus Kompetensi ASN’, 13-16 Juni 2023, di Hotel Crowne Bandung, Selasa (13/6/23).

Seminar yang dihadiri oleh para Assesor Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Kementerian dan Lembaga ini, mendatangkan Drs. Sjahrul, Psi, narasumber dari PT Karya Cita Insani.

DR. H Dadang Suhendi, S.H, M.H, Asesor SDM Aparatur Ahli Utama Kementerian ATR/BPN, menyampaikan, acara ini digelar dalam rangka mensosialisasi sistim merit dalam pelaksanaan Manajemen ASN secara keseluruhan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Remormasi Birokrasi (PAN-RB) nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN.

“Bapak/ibu hadirin, kita ketahui bersama, betapa pentingnya standar kompetensi yang menjadi acuan dalam pelaksanaan manajemen ASN ini,” ujar Dadang dalam pidatonya, membuka acara workshop, di Bandung, Selasa (13/6/23).

“Pelaksanaan Manajemen ASN ini, secara keseluruhan yang dimulai dari perencanaan, pengembangan karir, pengembangan kompetensi, penempatan, promosi dan mutasi, uji kompetensi dan kelompok rencana suksesi ASN, mengacu pada ‘Rumus’ Kompetensi Manajerial dan Sosial kultural,” lanjut Dadang.

Ia mengungkapkan, tujuan utama dari Workshop ini adalah, menghindari terjadinya ‘Bias’ dalam memberikan penilaian terhadap kompetensi Pegawai.

“Mengingat pentingnya penggunaan ‘Kamus’ kompetensi dalam penilaian, maka diperlukan pemahaman secara mendalam dan konsisten oleh para Asesor SDM Aparatur, agar terhindar dari terjadinya ‘Bias’ dalam menilai Kompetensi Pegawai,” ucapnya.

“Diharapkan agar para peserta mendapatkan wawasan dan keterampilan, untuk memahami standar Kompetensi ASN’, dalam mengidentifikasi prilaku Manajerial, sehingga penilaian menjadi lebih efektif, dan penerapan manajemen ASN dapat mencetak Pegawai yang berkualitas,” tambah Dadang.

Ia menyebut, hasil dari kegiatan kali ini adalah, akan diterbitkan Buku Referensi Tata Laksana Assessment Center, yang akan menjadi pegangan, dalam melakukan penilaian Kompetensi, khususnya di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

“Nantinya, untuk memperkaya knowledge, skill, serta attitude, kita akan terbitkan ‘Buku Referensi Tata Laksana Assessment Center, khususnya di lingkungan Kementerian ATR/BPN, dan K/L pada umumnya,” tuturnya.

“Ucapan terima kasih saya haturkan kepada seluruh peserta, narasumber, dan panitia, atas semangat dan upayanya mendukung acara ini berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Menjawab pertanyaan awak Media JP, apakah dikemudian hari pelatihan serupa akan bekerja sama dengan lembaga Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Dirinya menyatakan tidak menutup kemungkinan akan seperti itu.

“Bisa saja, bahkan dengan lembaga lainnya jika memungkinkan,” pungkasnya.

Diketahui, Acara yang diprakarsai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN, diikuti oleh para Asesor SDM Aparatur dari Kementerian Pertanahan, Kementerian Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Arsip Nasional RI (ANRI), para Pejabat Struktural di lingkungan PPSDM Kementerian ATR/BPN, dan narasumber dari PT. Karya Cita Insani.

Komentar