Sah..! RI-China Garap Proyek Rp197,8 T, Jokowi Tanda-tangani Kerjasama Dua Negara!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, dijadwalkan akan bertemu dengan Xi Jinping, Presiden China, dan menghadiri sederet pertemuan penting lainnya, di Beijing, China, Senin (17/10/23).

Tampak hadir mendampingi Jokowi, yakni Erick Thohir, Menteri BUMN yang juga menjabat Menko Marves Ad Interim, Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri, Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan, dan Pramono Anung, Sekretaris Kabinet.

Indonesia-China Business Forum, adalah Salah satu acara yang akan dihadiri. Pertemuan itu, bertujuan untuk menciptakan kerja sama antar kedua negara, baik Pemerintah, BUMN maupun Swasta.

“Salah satu agenda yang kami jajaki adalah Indonesia-China Business Forum, yang menyepakati penandatanganan 11 dokumen,” ujar Erick melalui akun Instagram, dikutip, Senin (16/10/23).

Ia menjelaskan, dari kesepakatan tersebut, nilai yang dicapai adalah sekitar US$ 12,6 miliar atau Rp197,8 triliun (kurs Rp15.700/US$), terdiri dari sektor energi hingga teknologi kesehatan.

“Kerja sama senilai USD12,6 miliar ini terjalin antara perusahaan Swasta-swasta, BUMN-swasta, maupun BUMN-BUMN. Ini untuk memperkuat pengembangan industri baterai listrik, energi hijau, dan teknologi kesehatan di tanah air, agar bisa meningkatkan pembukaan lapangan pekerjaan,” jelas Erick.

Rangkaian perjalanan kerja kali ini, Jokowi akan berada di Beijing selama 16-18 Oktober 2023. Setelah itu, Jokowi nantinya akan melanjutkan perjalanannya ke Riyadh, Arab Saudi, dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Bersamaan MBS, Jokowi akan membahas sejumlah kerja sama Indonesia- Arab Saudi, juga menghadiri KTT Gulf Cooperation Council (GCC).

Komentar