Selain Tahun Politik, Sri Mulyani Sebut Indonesia Hadapi Ancaman Serius, Apa Itu…?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan selain agenda ekonomi dan politik tahun depan, Indonesia dan dunia sedang menghadapi ancaman serius. Acaman itu adalah climate change (perubahan iklim) yang perlu direspons dari sisi instrumen fiskal.

Kami di Kemenkeu termasuk institusi yang cukup aktif melakukan engagement (terlibat). Juga membantu untuk membangun fondasi-fondasi bagi antisipasi dampak climate change yang luar biasa bagi umat manusia,” ujar Sri Mulyani dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2024 yang disiarkan langsung melalui akun YouTube Bisniscom, Kamis, 23 November 2023.

Adapun langkah yang dilakukan Kemenkeu adalah membangun carbon market (pasar karbon). Kemenkeu juga mengenalkan carbon tax (pajak karbon) meskipun dilakukan secara bertahap. Bahkan di dalam negosiasi internasional terus terlibat untuk mendapatkan dukungan global untuk agenda penurunan carbon emission di Indonesia. 

Sri Mulyani mencontohkan, seperti energy transition mechanism (mekanisme transisi energi) yang selama ini sudah diumumkan. Serta sedang membentuk country platform dan membangun blended finance (pendanaan campuran) dalam rangka meningkatkan peran energi terbarukan dan mengendalikan peranan dari energi yang berasal dari fosil fiul. 

“Sehingga Indonesia bisa tetap tumbuh tinggi namun emisi karbon yang berasal dari energi nya makin menurun atau bisa turunkan,” ucap Sri Mulyani.

Komentar