Usai Syahrul Yasin Limpo Mengundurkan Diri, Jokowi Segera Reshuffle Kabinet, Penggantinya…?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bakal melakukan pergantian atau reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Hal ini merespons pengunduran diri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dari jabatannya.

“Secepatnya kami siapkan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jumat 6 Oktober 2023.

Soal posisi Syahrul Yasin Limpo akan diganti dengan kader Partai Nasdem lainnya, Jokowi enggan menjawabnya. “Secepatnya,” jawab Jokowi.

Dalam kesempatan lain, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, belum mengetahui kapan Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet. “Saya kira semua menjadi hak prerogatif bapak presiden untuk menentukan itu ya,” kata Ari di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Jumat 6 Oktober 2023.
Soal siapa penggantinya dan apakah sudah komunikasi dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, Ari mengatakan, belum mengetahui hal itu sampai saat ini. 

“Saya belum bisa mengkonfirmasi soal itu. Beliau (presiden) tentu setelah menerima surat pengunduran diri pak SYL,  presiden memenuhi, jadi itu menjadi hak prerogatif dari presiden,” kata Ari.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mencopot Syahrul Yasin Limpo dan menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Penunjukkan itu seiring dengan pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian yang disampaikan melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno pada Kamis 5 Oktober 2023. Syahrul mengundurkan diri setelah diduga terlibat perkara korupsi yang kini ditangani KPK.

Komentar