Wajib Daftar, BPH Migas Perluas Daerah Uji Coba Pembelian BBM Subsidi

jurnalpatrolinews – Jakarta – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyampaikan uji coba implementasi program subsidi tepat untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) yakni Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) alias Pertalite akan diperluas.

Ini dilakukan agar penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih tepat sasaran.

Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman berharap uji coba pendaftaran kendaraan melalui website subsidi tepat sasaran atau aplikasi MyPertamina, bagi kendaraan yang hendak mengisi BBM subsidi dapat berjalan menyeluruh.

Dengan begitu, proses penyaluran BBM untuk JBT dan JBKP akan lebih optimum. “Kami berharap uji coba full cycle oleh Pertamina bisa terus diperluas, saat ini di 34 Kabupaten/Kota,” kata dia kepada rekan media, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu, merespon wacana penyesuaian harga BBM non subsidi yang akan dilakukan per minggu, Saleh menilai saat ini Jenis BBM Umum (JBU) pergerakannya relatif lebih dinamis. Ditambah masyarakat juga sudah mulai terbiasa dengan perubahan harga. “Kalau per minggu disesuaikan jika perubahannya tidak besar saya kira juga tidak akan menimbulkan perubahan konsumsi, tetapi jika lonjakannya/naiknya besar tetap akan ada pengaruhnya terhadap konsumsi (BBM Subsidi) untuk beberapa waktu tertentu,” kata dia.

Oleh sebab itu, ia berharap agar program subsidi tepat untuk pembelian BBM bersubsidi seperti Solar dan Pertalite dapat diimplementasikan sesegera mungkin.

Dengan begitu, dapat mengantisipasi adanya potensi perpindahan dari pengguna BBM non subsidi ke BBM subsidi.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting sebelumnya mengonfirmasi bahwa pembatasan tersebut sudah diujicobakan di 34 kota/kabupaten di Indonesia. “Kita sedang uji coba di 34 kota/kabupaten,” ucap Irto kepada rekan media saat ditanya soal pembatasan pembelian BBM Solar Subsidi, dikutip Kamis (12/1/2023).

Komentar