Warning 2030, Jokowi Berulang-ulang, Ingatkan Lagi Soal Bonus Demografi RI

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo menghadiri puncak acara LPDP Festival 2023, Kamis (3/8/2023) di Kota Kasablanka, Jakarta. Ia menjelaskan bonus demografi bisa menjadi beban tatkala sumber daya manusia tidak kelola dengan baik.

Dalam acara ini Jokowo didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Markarim, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Jokowi menyinggung Indonesia bakal menghadapi bonus demografi atau banjir penduduk dalam usia produktif pada tahun 2030 mendatang, yang biasanya terjadi satu kali dalam peradaban sebuah bangsa. Jika sumber daya manusia tidak di kelola dengan baik maka bisa menjadi bencana.

Kita akan menghadapi bonus demografi yang nanti di tahun 2030, 68,3 persen penduduk kita adalah usia produktif dan ini biasanya hanya sekali dalam sejarah peradaban sebuah negara gak akan terulang lagi. Ini bisa jadi peluang tapi bisa juga jadi beban, bahkan bisa jadi bencana kalau tidak bisa mengelolanya dengan baik. kata Jokowi dalam sambutannya.

Meski begitu ia optimis bonus demografi Indonesia bisa dimanfaatkan dengan, sehingga bisa meningkatkan level Indonesia menjadi negara maju.

“Setelah tadi pak Nadiem, bu Ani menyampaikan dan saya berhadapan dengan saudara – saudara semuanya saya optimis bahwa bonus demografi itu bisa kita manfaatkan untuk menaikkan level negara kita jadi negara maju. saya meyakini itu,” kata Jokowi.

Komentar