Waspada Akan Potensi Krisis, Jokowi Tak Mau Tahu, Menteri Kudu Bereskan Masalah Ini!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran menterinya untuk memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa positif pada semester II – 2023 ini. Untuk itu ia meminta menterinya untuk melakukan beberapa hal.

“Apa yang harus kita lakukan? dongkrak konsumsi rumah tangga, stabilkan harga kebutuhan pokok dan ketersediaan stok pangan, ini penting sekali,” kata Jokowi saat Sidang Paripurna mengenai Laporan Semester I Pelaksanaan APBN Tahun 2023 di Istana Negara, Senin (3/7/2023).

Ia juga meminta menterinya untuk terus menjaga investasi di daerah, memastikan capaian investasi sesuai target, juga ketersediaan pupuk tepat sasaran, hingga stabilitas moneter dan stabilitas sektor perbankan.

Selain itu Jokowi juga meminta anak buahnya untuk memaksimalkan realisasi belanja APBN – APBD tahun 2023, yang fokus pada barang dan modal dalam negeri. Juga pastikan program bantuan sosial tepat waktu dan tepat sasaran.

Tak lupa hilirisasi industri, infrastruktur energi terbarukan, hingga ekonomi hijau juga harus difokuskan dan terus dikaji. Hingga mengantisipasi musim kemarau panjang akibat El Nino.

Adapun mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta Kementerian dan Lembaga juga tetap menjaga stabilitas politik dan keamanan masyarakat dalam tahapan pemilu 2024, juga kawal terus penyelesaian non Yudisial Pelanggaran HAM berat masa lalu dan pemulihan keamanan di Papua.

Sebelumnya Jokowi menyebut masih banyak tantangan global yang harus dihadapi pada paruh kedua 2023. Seperti ketegangan geopolitik, perlambatan ekonomi global, hingga tingkat inflasi dan suku bunga yang tinggi. Untuk itu ia meminta kepada anggota kabinet untuk fokus dan waspada akan potensi krisis.

Komentar