Tembaki TNI-Bunuh Karyawan PTT-Pembakaran Sekolah, Ini 5 Catatan Keji Teroris KKB Lerinus Murib

JurnalPatroliNews – Jakarta – Seorang anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas dalam kontak tembak di sekitar lapangan Trikora Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Anggota KKB Lerinus Murib punya sejumlah catatan kriminal.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan Lerinus Murib tewas dalam kontak temba yang terjadi pada Jumat (27/5).

Dia mengatakan kontak senjata tersebut terjadi ketika personel Satgas Ops Damai Cartenz 2022 melakukan kegiatan patroli di sekitar lapangan Trikora. Saat itu, di lapangan tersebut sedang dilaksanakan kegiatan acara bakar batu.

“Iya, benar ada satu anggota KKB yang MD (meninggal dunia), yakni atas nama Lerinus Murib (anggota KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib),” ujar Kombes Kamal, Senin (30/05/2022).

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan personel yang berada di lokasi kejadian, personel telah memastikan kematian anggota KKB tersebut dari hasil laporan warga.

“Akan tetapi jenazah anggota KKB tersebut sudah dibawa oleh rekan-rekannya setelah kontak senjata selesai dan sudah mereka bakar pada jumat malam sabtu,” tutur Kamal.

Pada Minggu (29/6) pagi, warga menemukan sesosok mayat Yakianus Labene (25) di sekitar TKP kontak tembak, di posisi KKB. Polisi masih mendalami keterlibatan Yakianus dengan KKB.

“Pada hari Minggu pukul 10.42 WIT, Jenazah pemuda tersebut sudah disemayamkan oleh pihak keluarga dengan cara adat yakni dibakar,” katanya.

Untuk diketahui situasi saat ini di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak terpantau aman dan kondusif serta masyarakat masih melakukan aktivitas normal seperti biasa.

5 Catatan Kriminal Lerinus

Dia mengungkapkan KKB atas nama Lerinus Murib terlibat dalam 5 aksi kekerasan.

Tindakan kriminal yang dilakukan Lerinus terkait kasus pembakaran sekolah, penembakan terhadap aparat, hingga pembunuhan terhadap warga.

Komentar