AS Menuduh China ‘Bersikap Sombong’ Dalam Pertemuan Bilateral Alaska

Jurnalpatrolinews – Washington : Pemerintah Biden menuduh China bersikap sombong selama pertemuan AS-China di Alaska antara diplomat tinggi dan pejabat keamanan, kata seorang pejabat senior pemerintah AS dalam sebuah pernyataan.

“Delegasi China, di sisi lain, tampaknya telah tiba dengan niat untuk sok, fokus pada teater publik dan drama di atas substansi,” kata pejabat AS pada hari Kamis.

China dilaporkan mengangkat catatan hak asasi manusia Amerika Serikat yang buruk dengan komunitas Afrika-Amerika di antara kekhawatiran lainnya .

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan pada Kamis bertengkar dengan rekan-rekan China mereka karena persaingan kedua negara terus berlanjut di bawah pemerintahan AS yang baru. Pertemuan tersebut berlangsung dengan Anggota Dewan Negara China Wang Yi dan Direktur Kantor Komisi Pusat Urusan Luar Negeri Yang Jiechi.

Pemerintahan Biden secara resmi mendefinisikan hubungannya dengan China sebagai ujian geopolitik terbesar bagi AS di abad kedua puluh satu.

The Wall Street Journal melaporkan pada Rabu malam, mengutip sumbernya, bahwa selama negosiasi, para pejabat China akan mengusulkan pembentukan kembali kontak tingkat tinggi reguler serta untuk menjadwalkan pertemuan puncak online antara Presiden China Xi Jinping dan mitranya dari AS, Joe Biden, selama konferensi April tentang perubahan iklim, The Wall Street Journal melaporkan pada Rabu malam, mengutip sumbernya.

Agenda AS untuk pembicaraan itu berbeda dari agenda China: Washington ingin mengungkapkan keprihatinannya atas kebijakan China di Hong Kong, peningkatan aktivitas angkatan laut di Laut China Selatan, tekanan ekonomi pada sekutu AS, pelanggaran kekayaan intelektual, dan serangan siber. . Pada saat yang sama, Amerika Serikat berharap dapat membahas kerja sama di bidang kesehatan global dan memerangi perubahan iklim.

China secara rutin menolak tuduhan Amerika sebagai campur tangan yang tidak dapat diterima dalam urusan internalnya.  (***/. dd – sptnk)

Komentar