Sepakat! Sri Mulyani Tambah Target Dividen BUMN di Tahun Terakhir Jokowi

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemerintah dan DPR sepakat merombak rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun depan, dari yang semula termuat dalam RUU APBN 2024. Salah satunya adalah target setoran dividen badan usaha milik negara (BUMN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa, setoran dividen BUMN termasuk ke dalam kekayaan negara yang dipisahkan dalam bentuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Targetnya telah dinaikkan Rp 5 triliun, dari semula Rp 80,8 triliun menjadi Rp 85,8 triliun.

“Ini pendapatan kekayaan negara yang dipisahkan, yaitu terutama dari dividen BUMN dinaikkan Rp 5 triliun targetnya,” kata Sri Mulyani saat rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta seperti dikutip Jumat (8/9/2023).

Komponen PNBP lainnya sebenarnya telah Sri Mulyani naikkan, misalnya PNBP untuk sektor sumber daya alam (SDA) naik Rp 9,9 triliun pada tahun depan dari yang sebelumnya ditetapkan dalam RUU APBN 2024 sebesar Rp 197,8 triliun menjadi Rp 207,7 triliun.

PNBP sektor SDA ini terdiri dari SDA migas yang naik Rp 5,2 triliun dari Rp 104,9 triliun menjadi Rp 110,2 triliun, dan PNBP dari sektor SDA non migas yang juga naik sebesar Rp 4,6 triliun dari Rp 97,5 triliun menjadi Rp 92,9 triliun.

Komentar