25 Orang Tersangkut Dalam OTT Bupati Meranti, KPK: Sebagian Besar Pejabat Dilingkungan Pemkab!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Sebanyak 25 orang turut digelandang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penangkapan tangan Muhammad Adil, Bupati Meranti. Sebagian besar yang ditangkap ialah anak buah Bupati Meranti, mulai dari pejabat dilingkungan Pemkab hingga Swasta.

“Sejauh ini tim KPK mengamankan 25 orang terdiri dari Bupati, Sekda, Kepala Dinas dan Badan, Kepala Bidang dan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti serta ajudan Bupati dan pihak swasta,” ujar Ali Fikri, Kabag pemberitaan KPK kepada wartawan, Jumat (7/4/23).

KPK belum mengeluarkan keterangan resmi, mengenai peran masing-masing pihak yang diamankan tersebut. Termasuk kaitannya dengan kasus yang sedang ditangani KPK.

Sementara itu, Nurul Ghufron, Wakil Ketua KPK, menyampaikan, setidaknya ada dua sangkaan yang diduga melibatkan Adil dkk.

Pertama, dugaan korupsi berupa pemotongan Uang Persediaan dan Ganti Uang persediaan (UP dan GUP) sebesar 5-10%. Kedua, dugaan suap pengadaan jasa umrah.

Bupati serta para pihak yang ditangkap pada OTT itu, segera dibawa KPK ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

KPK menyebut, Mereka masih berstatus sebagai terperiksa. Status hukum mereka akan ditentukan dalam waktu 1×24 jam kedepan.

Komentar