Geledah Kantor Dinas BSBK Bondowoso, KPK Temukan Catatan Aliran Uang

JurnalPatroliNews – Bondowoso – Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menggeledah Kantor Dinas Bina Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (BSBK) Pemerintah Kabupaten Bondowoso pada Senin, 20 November 2023.

Penggeledahan ini sebagai langkah penyidikan suap pengurusan perkara di Kejari Bondowoso dengan tersangka eks Kajari Bondowoso Puji Triasmoro.

“Tim Penyidik KPK telah selesai melaksanakan upaya paksa penggeledahan di wilayah Kabupaten Bondowoso, Jatim,” kata juru bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa, 21 Oktober 2023.

Selain Kantor Dinas BSBK, Ali Fikri mengatakan KPK juga menggeledah kediaman para tersangka. “Ditemukan dan diamankan antara lain berupa berbagai dokumen termasuk catatan aliran sejumlah uang,” ujar Ali.

Selanjutnya, KPK akan melakukan analisa hasil sitaan penggeledahan tersebut sebagai upaya kelengapan penyidikan. “Penyitaan dan analisis masih diperlukan untuk menjadi bagian kelengkapan berkas perkara dari Tersangka PJ (Puji Triasmoro) dkk,” ujar Ali Fikri.

Sebelumnya, KPK menetapkan Kajari Bondowoso Puji Triasmoro sebagai tersangka dalam kasus suap pengurusan perkara di Kejari Bondowoso, Jawa Timur. Puji menjadi tersangka bersama bawahannya yaitu, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Bondowoso Alexander Kristian Diliyanto Silaen.

Selain itu dari pihak swasta juga ditetapkan sebagai tersangka yaitu dua pengendali CV Wijaya Gemilang, Yossy S Setiawan (YSS) dan Andhika Imam Wijaya (AIW).

“Turut diamankan uang tunai sejumlah sekitar Rp 225 juta,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Rudi Setiawan, di Gedung KPK, Kamis malam, 16 November 2023.

Rudi mengatakan  OTT dilakukan setelah adanya laporan dan informasi dari masyarakat mengenai dugaan penyerahan sejumlah uang pada penyelenggara negara atau yang mewakilinya terkait pengurusan perkara di Kejaksaan Negeri Bondowoso, Jawa Timur.

Tim KPK memperoleh informasi telah terjadi penyerahan sejumlah uang dalam bentuk tunai dari Yossy dan Andhika kepada Alexander AKDS sebagai perwakilan dan orang kepercayaan Puji. Penyerahan duit itu berlangsung di ruang Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Bondowoso.

Komentar