Gibran Terus Terang: Pengalaman Ditipu dan Tergadai oleh Utang Bank

JurnalPatroliNews – Jakarta – Perjalanan bisnis tidak selalu mulus, hal ini juga dirasakan oleh Gibran Rakabuming seperti halnya pengusaha lainnya. Sebelum dikenal sebagai calon wakil Presiden bersama Prabowo Subianto, Gibran, yang berusia 36 tahun, memiliki latar belakang sebagai seorang Pengusaha.

Gibran, yang merupakan putra dari Presiden Joko Widodo, berasal dari keluarga pengusaha. Ayahnya sebelum terjun ke dunia politik, dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di bidang furnitur. Sedangkan Gibran memilih untuk membangun bisnis di sektor makanan dan minuman.

Salah satu bisnis Gibran yang cukup terkenal adalah Chilli Pari, sebuah perusahaan catering yang berbasis di Surakarta. Selain menyediakan layanan catering, Chilli Pari juga menawarkan layanan wedding organizer, gedung pertemuan, dekorasi, dan rias pengantin.

Namun, perjalanan bisnis Gibran tidak selalu lancar. Dia mengakui bahwa ada waktu di mana dia kesulitan untuk membayar angsuran utangnya di bank.

“Dulu ada utang di bank, saya kesulitan membayar bunganya. Itu adalah hal yang lumrah,” ungkap Gibran dalam sebuah kisah yang dibagikan melalui akun TikTok @majubersamagibran, pada Senin (30/1/24).

Gibran juga mengakui bahwa beberapa dari bisnisnya mengalami kegagalan. Setidaknya, ada empat usaha Gibran yang harus gulung tikar, yaitu Goola, Ternakopi, Madhang, dan Siap Mas.

Bagi Gibran, mengalami pasang-surut dalam bisnis adalah hal yang lazim dan merupakan bagian dari perjalanan setiap pengusaha.

“Sebagai seorang pengusaha, kegagalan, ditipu, atau bahkan karyawan yang berhenti dan mendirikan mereknya sendiri, semua itu adalah hal yang biasa,” katanya.

Setelah terpilih sebagai Wali Kota Solo, Gibran memutuskan untuk tidak lagi aktif mengelola bisnisnya.

Dia menyatakan bahwa fokusnya saat ini adalah pada pengabdian kepada masyarakat melalui jalur politik.

Komentar