BNPB Raih Peningkatan Prestasi dalam Kategori Keterbukaan Informasi Publik

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Komisi Informasi Pusat (KIP) melakukan penilaian monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik terhadap lembaga pemerintah dan nonpemerintah, untuk menyusun indeks keterbukaan informasi publik di Indonesia. 

Salah satu hasil penilaian tersebut mengapresiasi kinerja BNPB dalam informasi kebencanaan. Pencapaian BNPB pada kategori keterbukaan informasi publik mendapatkan hasil ‘menuju informatif.’ Kenaikan nilai yang diperoleh BNPB sangat signifikan, dimana pada 2020 lalu, nilai BNPB berada pada angka 69 atau ‘cukup informatif.’ Sedangkan pada tahun ini, BNPB mendapatkan nilai 82 atau ‘menuju informatif.’

Pencapaian yang diperoleh BNPB tercantum dalam Keputusan KIP Nomor: 10/KEP/KIP/X/2021 Tentang Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Tahun 2021. Penilaian ini menyasar pada lembaga pemerintah dan non-pemerintah, yaitu kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, badan usaha milik negara, lembaga non-struktural, perguruan tinggi negeri dan partai politik. 

Penilaian terhadap kinerja BNPB selain berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, juga dilakukan melalui presentasi langsung Pusdatinkom BNPB secara bersamaan dengan K/L dan instansi lainnya di kepada KIP pada Oktober 2021 lalu.

Komentar