Mahfud Blak-blakan: Partai Politik-lah yang Bikin Negara Kacau Kayak Gini, Benar Kata Bung Karno

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menko Polhukam Mahfud MD blak-blakan menyebut partai politik di Indonesia kerap berulah dan bikin kondisi negara menjadi tidak kondusif.

Dia tidak menyebutkan secara spesifik kekacauan apa saja yang telah dibikin partai politik selama ini.

namun kata Mahfud MD ulah partai politik itu sebenarnya telah diwanti-wanti Soekarno pada masa lampau dalam sebuah pidatonya.

“Itu disebutkan di situ Bung Karno berpidato. Yang merusak Indonesia ini adalah partai politik,” kata Mahfud dilansir dari saluran YouTube Masjid Kampus UGM pada Kamis (6/4/2023).

Selain partai politik, Bung Karno menyebut yang merusak Indonesia adalah maklumat Wakil Presiden 3 November tahun 1945 yang menyuruh membentuk partai politik.

“Bung Karno: yang merusak Indonesia ini adalah maklumat wakil presiden 3 November tahun ’45 yang menyuruh membentuk partai politik sehingga negara kacau kaya gini,” lanjut Mahfud.

Sayangnya, Soekarno sering dianggap melanggar konstitusi terkait hal tersebut. Padahal, ucapan Soekarno tersebut akhir-akhir ini terasa benar.

“Tapi saudara, kalau saudara lihat kehidupan partai politik sekarang ini rasanya Bung Karno benar. Partai politik suka ngaco itu,” ujar Mahfud.

Komentar