Satgas Nemangkawi Akan Lakukan Penegakan Hukum terhadap KKB di Kiwirok

JurnalPatroliNews – Jayapura, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan personel Satgas Nemangkawi yang ditugaskan ke Kiwirok akan melakukan penegakan hukum terhadap KKB. Saat ini, personel dari Satgas Nemangkawi sudah berada di Kiwirok.

“Satgas Nemangkawi akan melakukan penegakan hukum terhadap anggota KKB yang melakukan teror ke masyarakat. Selain itu penambahan personel dari satgas Nemangkawi juga agar olah TKP dapat segera dilaksanakan mengingat dalam insiden itu ada warga sipil yang juga tenaga kesehatan menjadi korban, baik meninggal maupun luka-luka karena dianiaya,” katanya, Sabtu (25/9/2021).

Diakui, penguatan personel di Kiwirok terus dilakukan agar wilayah itu kembali aman dari KKB yang dipimpin Lamek Taplo. “Personel dari satgas Nemangkawi akan bertugas di Kiwirok hingga wilayah itu dinyatakan aman,” ucap Fakhiri seraya mengaku teror menyebabkan satu nakes meninggal akibat luka dianiaya KKB.

Selain itu, empat nakes lainnya juga mengalami luka-luka dan sempat di rawat di rumah sakit dan mendapat pendampingan dari psikolog agar dapat mengatasi traumanya. Ketika ditanya tentang gangguan selama proses evakuasi warga sipil dari Kiwirok, Fakhiri mengakui proses evakuasi berjalan aman dan lancar.

“Saat ini ke-17 warga sudah berada di Oksibil dan anggota sedang memberikan pendampingan atau trauma healing,” kata Fakhiri.

(bs)

Komentar