Benahi Tata Kelola Pemerintahan Desa, Ilmu Pemerintahan UNIBA Gelar Pengabdian

JurnalPatroliNews – Pandeglang – Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Bina Bangsa (Uniba) Kota Serang menggelar pengabdian kepada masyarakat di Desa Koroncong Kabupaten Pandeglang Banten. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertajuk “Penguatan Tata Kelola Pemerintahan Desa dalam Mewujudkan Demokrasi Partisipatoris di Desa Koroncong Kabupaten Pandeglang (17/1/2024).

Pengabdian masyarakat ini menampilkan beberapa pemateri yaitu Ita Rosita Wahyiah, S.IP., M.SI selaku Kaprodi Ilmu Pemerintahan UNIBA dan Bambang Arianto, M.A., M.Ak selaku peneliti dana desa. Topik ini sengaja diambil karena kita ini berupaya membudayakan dan melembagakan semangat partisipasi kewargaan di aras lokal.

Terlebih lagi desa memiliki banyak artefak kearifan lokal yang kemudian bisa digunakan oleh kampus, dosen dan mahasiswa sebagai laboratorium sosial dalam pengembangan keilmuan politik dan pemerintahan, jelas Ita Rosita Wahyiah, M.Si.

Penguatan pengetahuan politik dan pemerintahan di tingkat perdesaan dapat menciptakan terlembaganya budaya demokrasi yang lebih partisipatif. Hal itu dapat membuat pemerintahan desa dapat bekerja sesuai dengan persoalan riil yang dihadapi oleh rakyat.

Dengan demikian pembangunan desa termasuk tata kelola dana desa dan pengembangan BUMDesa dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut program pengabdian masyarakat oleh Prodi Ilmu Pemerintahan Uniba akan terus berlanjut. Tujuannya agar Universitas Bina Bangsa dapat lebih dekat dan bisa memberikan kontribusi nyata untuk mengatasi berbagai persoalan terkini di wilayah perdesaan, jelas Ita Rosita Wahyiah, M.Si

Komentar