Jadi Prioritas! Ganjar-Mahfud Lanjutkan Hilirisasi Jokowi Juga Proyek IKN

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bakal memprioritaskan program hilirisasi industri di Indonesia.

Hal tersebut termuat dalam dokumen visi misi pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD 2024-2029. Dalam dokumen setebal 62 halaman itu, mereka mengusung visi dengan tema ‘Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari”.

Adapun, dari visi tersebut terbagi menjadi delapan misi. Salah satu dari delapan misi tersebut yakni ‘mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah’.

Kemudian, dari misi tersebut dituangkan kembali menjadi beberapa program yang akan digalakkan. Adapun salah satu programnya adalah mengenai program hilirisasi industri.

Mengutip dokumen tersebut, Indonesia sendiri disebut memiliki rantai pasok yang lengkap, dari mulai bahan mentah, tenaga kerja terampil dan pasar yang besar.

Oleh sebab itu, hilirisasi sumber daya alam pertambangan, perkebunan, pertanian serta perikanan dan kelautan akan dilakukan secara menyeluruh.

Terutama hingga menciptakan produk akhir bernilai tinggi dengan pondasi industri hulu dan kebijakan TKDN.

“Hilirisasi difokuskan pada SDA dan mineral di mana Indonesia memiliki keunggulan komparatif untuk menciptakan keunggulan kompetitif dengan menggunakan pilihan teknologi yang berkelanjutan dengan cakupan pasar seluas-luasnya,” dikutip Rabu, (25/10/2023).

Selain hilirisasi, program yang digencarkan pasangan ini salah satunya yakni percepatan penyelesaian Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

“Komitmen melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara secara bertahap hingga IKN menjadi titik keseimbangan baru keadilan pembangunan sekaligus simbol Indonesia yang futuristik,” tulis dokumen itu.

Komentar