Soal Pemilu! Anies Singgung Potensi Kecurangan, Tanggapi Jokowi Cawe-cawe demi Urusan Negara

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan merespons Presiden Joko Widodo yang secara terang-terangan mengaku melakukan cawe-cawe demi urusan negara. Anies mengaku mendengar kekhawatiran soal isu penjegalan dan kriminalisasi imbas dari cawe-cawe yang ia sebut sebagai ketidaknetralan presiden.

“Penyelenggaraan pemilu, mulai dari caleg hingga capres yang dapat perlakuan tidak fair dan kekhawatiran soal potensi kecurangan. Semua itu muncul akibat adanya pernyataan bahwa tidak netral dan cawe-cawe,” ujarnya di Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023).

Dia berharap kekhawatiran isu penjegalan dan kriminalisasi yang ia dengar itu tidak benar. Ia juga berharap Pemilu dan Pilpres 2024 berjalan seperti biasa.

Menurut Anies, setiap partai punya hak sama untuk mencalonkan capres-cawapres. Ia juga mengungkap setiap caleg punya hak untuk berkampanye dengan kesempatan yang sama.

“Begitu juga dengan capres, punya hak yang sama. Penyelenggara juga melakukan ini dengan fair, baik, dan netral. Kami berharap kekhawatiran itu tidak benar dan justru yang terjadi adalah yang baik sesuai prinsip demokrasi jujur adil,” tuturnya.

Komentar