Soroti Anggaran Pendidikan dan Angkatan Kerja, Empat Menko Jokowi Dipanggil Banggar DPR

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) panggil para Menteri Koordinator hari ini, Jumat (9/6/2023).

Adapun para Menteri Koordinator yang dimaksud yakni Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Serta Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Juga Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Ketua Banggar DPR Said Abdullah menjelaskan, hari ini rapat akan membahas mengenai Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2024. Untuk mencapai RKP 2024, tentunya butuh bauran kebijakan dari para menteri koordinator.

“Butuh bauran kebijakan di bawah para Menko untuk mencapai berbagai target di tahun 2024,” jelas Said.

Adapun bauran kebijakan yang harus dilakukan, diantaranya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan mutu pendidikan, serta kesehatan masyarakat.

Banggar menyoroti bahwa, anggaran pendidikan yang selalu dialokasikan 20% dari total APBN, selalu meningkat. Namun angkatan kerja masih 45% ke bawah.

Selain itu juga harapan hidup rakyat Indonesia yang melandai. Tingkat harapan hidup di Indonesia berada di peringkat ke-115 di dunia, dengan skor 71,85.

“Sementara negara lain memiliki harapan tertinggi, seperti Jepang dan Singapura yang memiliki skor di atas 80. Ini jadi tantangan serius,” jelas Said.

Hal lain yang juga disoroti Banggar DPR yakni revitalisasi industri dan penguatan riset terapan, serta peningkatan kualitas UMKM, serta rendah karbon dan transisi energi.

Banggar juga menyoroti soal percepatan infrastruktur dasar dan konektivitas, juga mempercepat pembangunan IKN, serta agar pesta demokrasi pada 2024 diharapkan bisa berjalan lancar, aman, dan damai.

Komentar