Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2024 Akan Capai 5 Persen…?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo, (Jokowi) menyuarakan keyakinannya bahwa ekonomi Indonesia akan terus berkembang di atas 5 persen pada tahun 2024.

Dalam pidato yang disampaikannya di Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 di Hotel St Regis, Jakarta Selatan, pada Jumat (22/12), Jokowi menyatakan optimisme tersebut.

Tidak ada alasan untuk tidak optimis memasuki tahun 2024 ini. Saya yakin pertumbuhan ekonomi kita akan berada di sekitar 5 persen,” ujar Jokowi.

Presiden menekankan bahwa Indonesia memiliki modal ekonomi dan politik yang cukup untuk terus tumbuh. Namun, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada. Jokowi mengungkapkan kekhawatirannya terkait penurunan produksi komoditas pangan dalam negeri akibat fenomena El Nino.

“Saya agak khawatir mengenai komoditas pangan karena produksi kita sedikit menurun akibat El Nino tahun lalu, dan kami memprediksi bahwa kondisinya belum sepenuhnya pulih pada 2024,” tambahnya, sambil mencatat bahwa 22 negara telah menghentikan ekspor beras.

Presiden juga mengakui adanya ancaman dalam situasi geopolitik global, khususnya di Timur Tengah yang masih tidak stabil.

“Dalam bahasa Jawa, ‘tetap eling lan waspodo’—kita harus tetap ingat dan waspada. Ketidakpastian global terus berlanjut, dan konflik di Timur Tengah dapat memicu kenaikan harga minyak secara global,” terang Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi mengajak pemerintah, terutama penerusnya setelah pemilihan presiden 2024, untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut, terutama terkait inflasi harga pangan di tengah perubahan musim yang semakin tidak dapat diprediksi.

Komentar