PLN UID Jakarta Raya Luncurkan Elvis, Mobil Konversi Karya Siswa SMK

JurnalPatroliNews – Jakarta – Masih dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-78, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya meluncurkan ‘Electric Vehicle Conversion’ (Elvis) tahap 2 yaitu mobil listrik konversi karya siswa SMKN 1 dan SMKN 26 Jakarta. Elvis 

Program PLN Peduli kepada SMKN 1 dan SMKN 26 Jakarta merupakan bentuk dukungan PLN dalam pengembangan pendidikan vokasi serta mempercepat penetrasi kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini sejalan Perpres No.55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Pendanaan untuk masing-masing sekolah yang digunakan untuk pelatihan konversi mobil, pembelian mobil bekas, dan juga pembelian alat-alat pendukung, hingga akhirnya bisa menghasilkan mobil listrik konversi.

Ketua Program Elvis, Kepala SMKN 26 Jakarta, Drs. M. Bakri Akkas M.T, melaporkan bahwa program konversi kedua mobil listrik ini telah terlaksana dengan baik. 

“Alhamdulillah kedua mobil yang dikonversi oleh SMKN 1 dan SMKN 26 Jakarta telah berhasil di konversi dalam kurun waktu 3 bulan. Banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang diperoleh oleh siswa-siswa SMK, para guru pendamping, dan juga saya sendiri sebagai Kepala Sekolah,” ungkap Bakri.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengapresiasi penuh karya siswa SMKN 1 dan SMKN 26 Jakarta yang telah bekerja keras menghasilkan mobil konversi berbahan bakar minyak menjadi berbahan bakar energi listrik.

“Program konversi Elvis ini merupakan bentuk dukungan kami untuk dunia pendidikan dan juga lingkungan. Melalui konversi mobil listrik ini kita ikut mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia bebas emisi karbon pada tahun 2060,” jelas Lasiran, dalam keterangan tertulis, Rabu  (1/11).

Komentar