Kementerian ESDM Raih Penghargaan Top Public Relation

JurnalPatroliNews, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meraih penghargaan Top 40 Public Relations (PR) Persons Award 2020 dari Iconomics Research and Consulting. Adapun penghargaan ini diberikan atas peran PR dalam Kehumasan di masing-masing instansinya, khususnya di masa pandemi.

“Penghargaan ini diberikan kepada tokoh PR institusi sebagai gambaran atau wajah dari sebuah institusi. Di masa krisis, kemampuan penyampaian pesan sang ujung tombak institusi dalam mendiseminasikan kebijakan dan program menjadi hal yang utama. Kemampuan dari seorang personal PR juga dituntut semakin agile dan adaptif di masa pandemi COVID-19, di mana sebagian pekerjaan telah dialihkan dalam ranah daring,” ujar Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/12/2020).

Bram menjelaskan award ini memilih 40 insan PR berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Iconomics Research. Dalam penghargaan ini, insan PR berasal dari Perusahaan, Kementerian, Lembaga dan Organisasi.

“Kriteria penilaian berdasarkan 3 aspek, yakni exposure, influence, dan creativity,” katanya.

Bram menyampaikan exposure merupakan insan PR yang menerima award memiliki keterkenalan personal brand awareness) di kalangan media maupun publik.

Sementara itu, influence didefinisikan sebagai insan yang berpengaruh dari sisi pembentukan opini dan pemikiran media maupun publik. Creativity merupakan praktisi PR memiliki pendekatan yang dinamis dan kreatif dalam menjalankan komunikasi institusinya.

Melalui penghargaan ini, Bram berharap dapat mendorong para PR lainnya untuk lebih inovatif dan kreatif dalam bekerja.

“Apresiasi kepada para praktisi PR/kehumasan ini harapannya dapat mendorong para insan PR yang lainnya untuk meningkatkan perannya. Harapan lainnya adalah lahirnya praktisi-praktisi PR yang mumpuni serta inovatif dan kreatif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selain Agung Pribadi dari Kementerian ESDM, untuk kalangan birokrat Kementerian/Lembaga, award ini juga diberikan kepada Suryo Utomo (Direktorat Jenderal Pajak), Arya Mahendra Sinulingga (Kementerian BUMN), Endra S. Atmawidjaja (Kementerian PUPR) dan Irjen Pol Argo Yuwono (Kepolisian Negara Republik Indonesia).

(dtk)

Komentar